Harga Kambing Sapera – Kambing Perah Indonesia 2023 di Cianjur

Berapa banyak lari kambing Sapera? Harganya cukup murah jika dibandingkan dengan manfaat dan kualitasnya yang tinggi. Namun sebelumnya ada baiknya Anda membahas terlebih dahulu tentang ciri-ciri kambing Sapera, apa saja manfaatnya, serta bagaimana Sapera dapat membantu produksi susu di peternakan kambing.
Dilihat dari ciri fisiknya, kambing ini umumnya mempunyai warna putih bening. Ada ras tertentu yang juga memiliki tanda hitam di sela-sela putihnya. Telinganya lebih panjang dan terkulai mirip dengan kambing etawa dan ras etawa (PE).
Dalam penerapannya, kambing Sapera mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak. Kualitasnya sudah pasti. Hal inilah yang menjadikan Sapera sebagai kambing perah yang sangat digemari. Namun, ukurannya cukup besar, dan penggunaan dagingnya dapat dilakukan.
Seiring berjalannya waktu, jenis-jenis kambing perah yang ada di Indonesia semakin berkembang dan berkembang. Di Indonesia kita mengenal kambing perah etawa ras etawa (PE), Saanen, Anglo Nubian dan tentunya Sapera. Selain itu, banyaknya jenis kambing membuka peluang terjadinya perkawinan silang atau cross-breeding untuk menghasilkan varietas yang lebih unggul.
Tertarik untuk memperkenalkan Sapera super kualitas unggul ke peternakan Anda? Detail berikut akan membantu Anda untuk lebih memahami kambing Sapera. Kambing Sapera.

Kambing Sapera adalah Kambing Sapera. Mengenal Sapera Lebih Jauh

Harga kambing Sapera yang terjangkau turut meningkatkan kualitas dan kuantitas susu kambing yang dihasilkan oleh sebuah peternakan. Hal ini bukan tanpa alasan. Sapera merupakan salah satu kambing perah yang murah namun memiliki gen yang unggul.
Kambing Sapera merupakan salah satu jenis kambing perah. Ini diperoleh melalui persilangan kambing darah murni Saanen dan kambing perah Pe (ras Etawa). Dilihat dari indukannya, keduanya merupakan kambing perah dengan ciri-ciri yang sama.
Saanen adalah kambing perah yang terkenal secara internasional. Kualitas genetiknya cukup unggul, namun harga untuk Saanen darah asli tetap sangat tinggi. Sedangkan PE murah, namun kualitas genetiknya tidak sebaik Saanen.
Keturunan kedua ekor kambing perah tersebut adalah Sapera. Kambing Sapera memiliki semua kelebihan yang dimiliki kambing Saanen, namun harganya lebih murah dibandingkan PE. Kambing Sapera dibanderol dengan harga yang terjangkau. Kambing Sapera banyak digemari oleh para peternak dan individu yang fokus pada produksi susu kambing.
Ciri fisiknya, untuk ciri fisiknya merupakan hasil campuran Saanen dan PE. Tanduknya memanjang seperti kambing Saanen, telinganya menjuntai seperti PE. Warna utama Sapera adalah putih bersih di sekujur tubuhnya, dengan rambut pendek. Ukuran tubuhnya lebih besar dari PE, dan lebih kecil dari Saanen.
Mari kita mulai dengan uraian untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang kambing Sapera. Langkah selanjutnya adalah membahas keunggulan kambing Sapera yang merupakan salah satu kambing perah lokal terpopuler dengan harga terjangkau.

Keunggulan Kambing Perah Sapera

Gibas Barokah Farm, Sapera dibekali pakan unggul utuh. Dari rumput segar (rumput gajah) dan kacang-kacangan (kaliandra dan indigofera) serta konsentrat, ampas tahu dan memenuhi kebutuhan mineral.
Dengan perawatan dan pemberian makanan yang tepat, Sapera diproduksi dengan kualitas super. Berikut gambaran manfaat kambing Sapera jika perawatannya bermutu.
1. Memiliki Kualitas Susu Unggul
Salah satu keunggulan kambing Sapera adalah kualitas susu yang dihasilkannya. Susu kambing Sapera dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Dari bahan baku yang digunakan dalam pembuatan es krim keju, keju, campuran makanan, bahkan untuk membantu konsumen langsung.
Selain itu susu kambing Sapera mempunyai keuntungan ekonomis bagi para peternak. Dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga petani. Selain itu, bisnis penjualan susu kambing yang menguntungkan juga merupakan bisnis yang menguntungkan.
Susu tidak hanya tinggi nutrisi, namun rasanya juga enak dan tidak berbau tengik. Bila masa laktasi pertama selesai dapat menghasilkan sekitar 2 satu liter per ekor. Pada tahap laktasi berikutnya meningkat sebesar 3,5 hingga 4 Liter per ekor!
2. Mudah Berkembang Biak
Selain itu kambing Sapera juga mudah untuk diternakkan. Dalam kurun waktu 8 bulan setelah melahirkan, jika sudah berumur 2 tahun, maka bisa melahirkan sebanyak 3 kali. Seringkali, mereka dapat menghasilkan lebih dari satu ekor. Oleh karena itu, hal ini dapat membawa manfaat tambahan bagi para peternak kambing.
Biasanya peternak akan menjual sapi Sapera jantan pada kambing broiler. Kambing Sapera ukuran ini sangat besar dan dagingnya berton-ton jika dijadikan kambing perah. Bagi anak perempuan, yang terbaik adalah pergi dan mengambil susu.
3. Daya Tahan Yang Sangat Baik
Kambing Sapera juga mempunyai daya tahan yang luar biasa terhadap penyakit dan cuaca. Dengan demikian, kambing Sapera layak dibudidayakan di seluruh wilayah Indonesia. Artinya merawat kambing perah ini tergolong sederhana. Namun, ada hal-hal tertentu seperti pola makan nutrisi yang tepat harus diberikan.
4. Postur tubuh lebih unggul dari PE.
Karena kelebihan tersebut kambing sapera yang jantan cocok untuk diambil dagingnya. Hal ini karena mereka memiliki daging yang lebih tebal, dan postur tubuh yang lebih ramping dibandingkand untuk mereka melakukan pembiakan etawa. Susu kambing sapera bisa
tina bisa menjadi alternatif bagi yang alergi atau tidak bisa minum susu sapi, cocok juga untuk balita.
5. Harga kambing Sapera terbilang terjangkau
Dilihat dari kelebihannya dibandingkan dengan banyaknya kelebihan, ia hampir setara dengan Saanen fullblood. Namun harga kambing ras Saanen masih mahal. Itu sebabnya Sapera menjadi pilihan terbaik dan lebih murah. Harga kambing Sapera tergantung pada kualitas kambingnya. Kambing Sapera sebanding dengan kualitas susunya. kambing.

Mutu dan Produktivitas Susu Kambing Sapera

Produksi susu Kambing Sapera pada periode pertama ini rata-rata 2 liter sehari untuk setiap ekor kambing. Sebaliknya pada laktasi kedua bisa melebihi 4 liter untuk setiap ekor. Dengan begitu, produksi ASI Anda akan optimal dan Anda tidak perlu khawatir. Jumlah ini hampir sama dengan kambing Saanen, yaitu pada masa laktasi pertama rata-rata 3,8 liter susu per ekor.
Hal ini dikarenakan kualitas kambing perah Sapera juga tinggi nutrisi. Kandungan gizinya adalah protein dari lemak kambing, karbohidrat dan kolesterol kambing. Ini juga mengandung kalori, vitamin A, vitamin C, fosfor dan magnesium, kalsium dan asam amino. Jumlah protein yang ada adalah 3,6 persen, cukup tinggi dan jauh di atas normalnya susu kambing pada umumnya.
Dari penjelasan sebelumnya terlihat bahwa kualitas dan khasiat susu kambing Sapera sangat baik. Susu kambing sangat mudah dicerna oleh tubuh karena butiran lemak susu lebih kecil dan kurang homogen. Introduksi kambing Sapera di peternakan akan meningkatkan kualitas dan produktivitas kambing yang hidup di peternakan.
#hargakambingsapera #sapera #kambingsapera #kambingperah