Sekilas Tentang Karakteristik dan Keunggulan Kubah Composite Acp, Anda Harus Tahu!

Bagi yang sedang mencari referensi jenis kubah untuk pembangunan masjid, maka ulasan mengenai kubah composite ACP bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda. Kubah ACP sendiri berarti kubah yang terbuat dari alumunium composite panel yakni kombinasi plat alumunium dan compisite.

Dengan kombinasi bahan tersebut menjadikan kubah sangat kuat namun ringan. Hal inilah yang membuat kubah ACP menjadi primadona untuk dipasang di masjid Indonesia. Penasaran dengan keunggulan kubah berbahan material ACP ini? Tenang saja, beringkut dirangkum sejumlah karakteristik dan keunggulannya untuk Anda.

Karakteristik Material ACP

Alumunium Composit Panel atau yang disingkat sebagai ACP merupakan panel datar dengan bahan non alumunium yakni bahan polythylene yang disatukan dianatara 2 lembaran alumunium. Bahan ACP sendiri sering diliat pada tiang besar berwarna merah pada SPBU.

Lembaran ACP diketahui memiliki sifat yang kuat namun memiliki berat yang begitu ringan. Dengan sifat inilah bahan ACP ini sangat cocok dijadikan kubah masjid dengan berbagai keunggulannya.

Keunggulan Kubah Komposite ACP

Berikut akan dipaparkan keunggulan kubah masjid ACP, antara lain:

1.      Daya Tahan Terhadap Karat

Keunggulan utama dari kubah composite ACP yaitu sifatnya yang tahan terhadap karat dan korosif. Hal ini menjadikan kubah masjid aman untuk digunakan jangka panjang dan tidak khawatir terjadinya perkaratan. Kubah jenis ini pun sangat minim perawatan sebab daya tahannya terhadap karat tersebut.

2.      Mempunyai Bobot Ringan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, lembaran ACP sebagai material kubah masjid ACP ini mempunyai bobot yang sangat ringan. Dengan bahan yang ringan ini maka ketika proses pemasangan lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak orang. Meskipun mempunyai bahan yang ringan, bahan ACP ini pada bidang konstruksi terbukti sangat kokoh.

3.      Membuat Tampilan Masjid Lebih Mewah

Pembuatan kubah ACP ini diketahui tidak menggunakan baut sebagai penyambung panel satu dengan lainnya. Alhasil, visual kubah nampak sangat rapi bahkan terlihat kesan lebih mewah.

Hal ini disebabkan karena kubah yang terbuat dari panel memiliki warna yang tajam juga variatif sehingga kubah akan menunjang bangunan masjid yang lebih indah. Kubah ACP inipun juga diketahui lebih tahan lama.

 

 

Baklah mungkin itu saja beberapa karakteristik material ACP dan keunggulan kubah composite ACP. Semoga sejumlah informasi di atas bisa menambah wawasan Anda yang sedang memilih jenis kubah dalam pembangunan masjid. Semoga membantu!

 

https://hamdalahkubahkreasindo.com/